YAKINKAN
CALON PEMBELI
Ada
studi kasus seperti ini.
Seorang
calon konsumen sudah melihat-lihat produk Anda, sudah bertanya panjang-lebar
tentang produknya, sudah ngobrol banyak, eh ujungnya tidak jadi beli. Sampai
ada istilahnya, lho, CLBK (Chat Lama Beli kagak).
Mengapa
hal ini terjadi?
Sebabnya
ialah konsumen belum yakin dengan produk Anda.
Lalu
bagaimana solusinya?
Anda
perlu meyakinkan calon konsumen dengan berbagai teknik marketing.
Semakin
yakin calon pembeli terhadap produk Anda, semakin tinggi tingkat kemungkinan
untuk melakukan pembelian.
1.
Judul Promo yang meyakinkan
Judul
promosi merupakan tahap paling awal untuk meyakinkan calon pembeli. Headline
atau judul promosi adalah bagian yang sangat penting.
Mengapa
demikian?
Biasanya
calon pembeli akan melihat dulu judul promosinya sebelum melihat materi promo
secara detail.
Berikut
ini tips membuat judul promosi yang menarik:
a.
Judul promosi dengan bonus
Berikan
tambahan bonus atau hadiah tertentu.
Contoh:
Buat Website Gratis Modem, Mau?
b.
Judul promosi informatif
Gunakan
contoh headline yang bertujuan untuk mengenalkan produk baru.
Contoh:
Ini Dia Langkah Mudah Berbisnis Tanpa Modal
c.
Judul promosi dengan angka
Biasanya,
angka yang digunakan adalah angka ganjil karena secara psikologis lebih menarik
dan membuat penasaran dibandingkan angka genap.
Contoh:
Terbongkar 7 Rahasia Menurunkan Berat Badan
d.
Judul promosi penasaran
Tujuannya
agara pembaca melihat postingan lebih lanjut.
Contoh:
Terungkap Investasi Paling Menguntungkan Tahun ini
e.
Headline Fantastis
Biasanya
teknik ini menggunakan kata-kata yang agak berlebihan untuk menyampaikan bahwa
produk Anda memang bagus luar biasa.
Contoh:
Pertama di Dunia! Bisnis Online Paling Menguntungkan
f.
Headline dengan kata perangsang
Contoh:
Luar biasa! Modal 50ribu, Anda Mulai Bisnis Sendiri
g.
Judul promosi pengulangan
Teknik
ini cukup mudah dan sering digunakan.
Contoh:
Melesatkan Omzet Modal Internet
2.
Tuliskan Apa Kelebihanmu
Kalau
mau sukses jualan maka produk Anda wajib memiliki kelebihan dibanding pesaing.
Gali kelebihan produk Anda dan apa pembeda dengan pesaing.
Pada
dasarnya, konsumen suka membanding-bandingkah produk. Apalagi di era internet,
calon pembeli akan mudah mencari kelebihan produk yang mereka butuhkan.
Bagaimana
kalau tidak memiliki kelebihan?
Coba
evaluasi, gali, dan lakukan inovasi. Sebab, jika tidak mempunyai kelebihan
kemungkinan pembeli akan memilih produk yang lebih baik.
Berikut
ini contoh untuk membuat produk Anda memiliki kelebihan dibanding pesaing:
a. Harga, pastikan lebih murah.
b. Kualitas produk/jasa/layanan lebih
berkualitas.
c. Kuantitas lebih lengkap.
d. Keragaman produk lebih lengkap.
e. Jaminan/garansi Produk.
f. Kemasan lebih bagus dan elegan.
g. Lokasi lebih strategis dan mudah
dijangkau.
Tips
Penerapan:
Saat
menuliskan kelebihan produk, cantumkan minimal 5 dari 7 poin di atas.
Setelah
mengetahui kelebihan produk, langkah selanjutnya ialah publikasikan ke berbagai
media. Konsumen takkan tahu kelebihan produk, jika Anda tidak
memberitahukannya.
3.
Yuk coba gratis!
Teknik
ini bertujuan untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen dengan memberikan
pengalaman langsung. Teknik inilah yang dipakai banyak produsen kelas dunia.
Pernah
dengar istilah, ”Jangan sampai membeli kucing dalam karung” ?
Peribahasa
ini menjelaskan bahwa Anda jangan membeli suatu produk yang belum diketahui
kualitasnya.
Contoh:
Free
Trial (saat akan menggunakan sebuah aplikasi software)
Test
Drive Yuk! (saat akan membeli mobil)
Product
Sample (makanan atau produk perawatan tubuh)
4.
Garansi mematahkan keraguan
Teknik
ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen karena memberikan suatu jaminan. Teknik
ini terbukti menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.
Satu
hal yang wajib diperhatikan sebelum menerapkan garansi adalah memastikan bahwa
produk yang Anda jual memang memiliki kualitas yang baik.
Berikut
ini contoh garansi yang dapat diterapkan.
a. Garansi produk asli
b. Garansi harga termurah
c. Garansi halal
d. Garansi keamanan transaksi (untuk toko
online)
e. Garansi uang kembali (jika produk cacat)
f. Garansi servis 12 bulan
g. Garansi spare part
h. Garansi kualitas terbaik
5.
Yakinkan dengan Testimoni
Testimoni
adalah kesan konsumen yg pernah menggunakan produk Anda. Kesan ini memiliki peranan penting sebagai
teknik untuk meyakinkan calon pembeli.
Semakin
berkesan dan semakin banyak testimoninya maka akan semakin mendorong calon
konsumen untuk membeli produk.
Testimoni
bisa ditempatkan disetiap materi promosi. Misal banner , poster, brosur atau
gambar di media sosial dan toko online Anda.
Berikut
ini beberapa hal yg bisa Anda terapkan :
-
Minta Konsumen Memberikan Testimoni
-
Capture Langsung Testimoni
-
Beberapa Testimoni
-
Testimoni yg Detail
6.
Yakinkan dengan Tampilan Luar
Penampilan
luar itu penting!
Mengapa
penampilan luar itu penting?
Karena
pada dasarnya manusia akan menilai sesuatu dari luar terlebih dahulu meski
belum merasakannya langsung.
Bahkan
tidak sedikit orang yg dari luarnya saja sudah bisa menilai apakah produk bagus
atau tidak. Mayoritas calon pembeli akan memandang penampilan luar dulu sebelum
menilai kualitasnya.
Penerapan
teknik ini bisa dilakukan untuk beberapa poin berikut :
-
Karyawan yg menggunakan seragam rapi
-
Kemasan yg menarik
-
Desain brosur yg tidak asal asalan
-
Desain website yg mengunggah selera
-
Foto produk yg berkualitas
7.
Tunjukkan Hasil Karyamu
Konsumen
akan semakin yakin jika Anda bisa menunjukkan hasil karya Anda atau hasil bukti
dari pekerjaan/produk yg sudah dilakukan/dibuat. Mau bagaimanapun ciri khas
manusia adalah ingin melihat bukti dulu baru percaya.
8.
Agar Makin Yakin, Demokan Produk
Teknik
ini penting untuk bisnis/produk yg membutuhkan penjelasan ekstra atau peragaan
cara kerja produk.
Tujuan
dari teknik ini adalah memberikan pemahaman kepada calon pembeli dan tentunya
membuat calon pembeli yakin bahwa produk Anda dapat bekerja dengan baik.
Tips
: saat mendemokan produk usahakan tidak hanya mendemokan cara kerja produk,
melainkan juga mendemokan fitur, mendemokan yg dimiliki.
9.
Gunakan Bukti Before - After untuk Meyakinkan
Teknik
klasik ini sudah diterapkan sejak lama. Karena sudah diterapkan dulu dan memang
sangat powerfull.
Caranya:
Anda
tinggal mengujicobakan produk anda ke salah satu orang yg akan diuji atau suatu
media yg akan diujicobakan.
Berikan
perbedaan untuk sebelum dan sesudahnya. Hal yg paling sering dilakukan adalah
dalam bentuk dua gambar berbeda, yaitu gambar sebelum ( before ) dan gambar
sesudah ( after ).
Teknik
ini ampuh untuk meyakinkan calon pembeli karena konsumen ingin langsung melihat
bukti secara visual.
10.
Semakin Yakin dengan Fakta dan Data
Teknik
lainnya yg bisa anda gunakan untuk meyakinkan calon pembeli adalah memberikan
fakta dan data.
Fakta
dan data terbukti ampuh untuk meyakinkan calon pembeli. Karena fakta adalah
kenyataan yg terjadi di lapangan yg membuat pembacanya lebih percaya.
Hal
yg penting dalam teknik ini adalah, Anda harus memastikan bahwa fakta yg anda
catumkan adalah memang memang fakta yg benar dan tidak dibuat-buat.
Setelah
memastikan fakta, Anda bisa menyantumkannya diberbagai media promosi seperti
brosur, katalog, website, dll.
Fakta
bisa diberikan dalam beberapa hal seperti :
-
Fakta dalam bentuk gambar
-
Fakta dalam bentuk data-data
-
Fakta hasil penggunaan oleh konsumen Anda
-
Fakta dalam bentuk angka
-
Fakta dalam bentuk opini ahli
-
Fakta dari klaim medis
-
Fakta dari media yg terpercaya
Saatnya Anda praktekkan dalam kegiatan Usaha Anda yaa
Salam Sukses Bertubi2
Posting Komentar