header niko 728 x 90
BREAKING

Sabtu, 25 Februari 2017

10 Teknik Meyakinkan Pembeli yang Perlu Anda Ketahui


YAKINKAN CALON PEMBELI

Ada studi kasus seperti ini.

Seorang calon konsumen sudah melihat-lihat produk Anda, sudah bertanya panjang-lebar tentang produknya, sudah ngobrol banyak, eh ujungnya tidak jadi beli. Sampai ada istilahnya, lho, CLBK (Chat Lama Beli kagak).

Mengapa hal ini terjadi?

Sebabnya ialah konsumen belum yakin dengan produk Anda.

Lalu bagaimana solusinya?

Anda perlu meyakinkan calon konsumen dengan berbagai teknik marketing.
Semakin yakin calon pembeli terhadap produk Anda, semakin tinggi tingkat kemungkinan untuk melakukan pembelian.

1. Judul Promo yang meyakinkan

Judul promosi merupakan tahap paling awal untuk meyakinkan calon pembeli. Headline atau judul promosi adalah bagian yang sangat penting.

Mengapa demikian?

Biasanya calon pembeli akan melihat dulu judul promosinya sebelum melihat materi promo secara detail.

Berikut ini tips membuat judul promosi yang menarik:

a. Judul promosi dengan bonus

Berikan tambahan bonus atau hadiah tertentu.

Contoh: Buat Website Gratis Modem, Mau?

b. Judul promosi informatif

Gunakan contoh headline yang bertujuan untuk mengenalkan produk baru.

Contoh: Ini Dia Langkah Mudah Berbisnis Tanpa Modal

c. Judul promosi dengan angka

Biasanya, angka yang digunakan adalah angka ganjil karena secara psikologis lebih menarik dan membuat penasaran dibandingkan angka genap.

Contoh: Terbongkar 7 Rahasia Menurunkan Berat Badan

d. Judul promosi penasaran

Tujuannya agara pembaca melihat postingan lebih lanjut.

Contoh: Terungkap Investasi Paling Menguntungkan Tahun ini

e. Headline Fantastis

Biasanya teknik ini menggunakan kata-kata yang agak berlebihan untuk menyampaikan bahwa produk Anda memang bagus luar biasa.

Contoh: Pertama di Dunia! Bisnis Online Paling Menguntungkan

f. Headline dengan kata perangsang

Contoh: Luar biasa! Modal 50ribu, Anda Mulai Bisnis Sendiri

g. Judul promosi pengulangan

Teknik ini cukup mudah dan sering digunakan.

Contoh: Melesatkan Omzet Modal Internet


2. Tuliskan Apa Kelebihanmu

Kalau mau sukses jualan maka produk Anda wajib memiliki kelebihan dibanding pesaing. Gali kelebihan produk Anda dan apa pembeda dengan pesaing.

Pada dasarnya, konsumen suka membanding-bandingkah produk. Apalagi di era internet, calon pembeli akan mudah mencari kelebihan produk yang mereka butuhkan.

Bagaimana kalau tidak memiliki kelebihan?

Coba evaluasi, gali, dan lakukan inovasi. Sebab, jika tidak mempunyai kelebihan kemungkinan pembeli akan memilih produk yang lebih baik.

Berikut ini contoh untuk membuat produk Anda memiliki kelebihan dibanding pesaing:

a.       Harga, pastikan lebih murah.
b.       Kualitas produk/jasa/layanan lebih berkualitas.
c.       Kuantitas lebih lengkap.
d.       Keragaman produk lebih lengkap.
e.       Jaminan/garansi Produk.
f.       Kemasan lebih bagus dan elegan.
g.       Lokasi lebih strategis dan mudah dijangkau.

Tips Penerapan:

Saat menuliskan kelebihan produk, cantumkan minimal 5 dari 7 poin di atas.

Setelah mengetahui kelebihan produk, langkah selanjutnya ialah publikasikan ke berbagai media. Konsumen takkan tahu kelebihan produk, jika Anda tidak memberitahukannya.


3. Yuk coba gratis!

Teknik ini bertujuan untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen dengan memberikan pengalaman langsung. Teknik inilah yang dipakai banyak produsen kelas dunia.

Pernah dengar istilah, ”Jangan sampai membeli kucing dalam karung” ?

Peribahasa ini menjelaskan bahwa Anda jangan membeli suatu produk yang belum diketahui kualitasnya.

Contoh:

Free Trial (saat akan menggunakan sebuah aplikasi software)
Test Drive Yuk! (saat akan membeli mobil)
Product Sample (makanan atau produk perawatan tubuh)


4. Garansi mematahkan keraguan

Teknik ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen karena memberikan suatu jaminan. Teknik ini terbukti menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

Satu hal yang wajib diperhatikan sebelum menerapkan garansi adalah memastikan bahwa produk yang Anda jual memang memiliki kualitas yang baik.

Berikut ini contoh garansi yang dapat diterapkan.

a.       Garansi produk asli
b.       Garansi harga termurah
c.       Garansi halal
d.       Garansi keamanan transaksi (untuk toko online)
e.       Garansi uang kembali (jika produk cacat)
f.       Garansi servis 12 bulan
g.       Garansi spare part
h.       Garansi kualitas terbaik


5. Yakinkan dengan Testimoni

Testimoni adalah kesan konsumen yg pernah menggunakan produk Anda.  Kesan ini memiliki peranan penting sebagai teknik untuk meyakinkan calon pembeli.

Semakin berkesan dan semakin banyak testimoninya maka akan semakin mendorong calon konsumen untuk membeli produk.

Testimoni bisa ditempatkan disetiap materi promosi. Misal banner , poster, brosur atau gambar di media sosial dan toko online Anda.

Berikut ini beberapa hal yg bisa Anda terapkan :

- Minta Konsumen Memberikan Testimoni
- Capture Langsung Testimoni
- Beberapa Testimoni
- Testimoni yg Detail


6. Yakinkan dengan Tampilan Luar

Penampilan luar itu penting!

Mengapa penampilan luar itu penting?

Karena pada dasarnya manusia akan menilai sesuatu dari luar terlebih dahulu meski belum merasakannya langsung.

Bahkan tidak sedikit orang yg dari luarnya saja sudah bisa menilai apakah produk bagus atau tidak. Mayoritas calon pembeli akan memandang penampilan luar dulu sebelum menilai kualitasnya.

Penerapan teknik ini bisa dilakukan untuk beberapa poin berikut :

- Karyawan yg menggunakan seragam rapi
- Kemasan yg menarik
- Desain brosur yg tidak asal asalan
- Desain website yg mengunggah selera
- Foto produk yg berkualitas


7. Tunjukkan Hasil Karyamu

Konsumen akan semakin yakin jika Anda bisa menunjukkan hasil karya Anda atau hasil bukti dari pekerjaan/produk yg sudah dilakukan/dibuat. Mau bagaimanapun ciri khas manusia adalah ingin melihat bukti dulu baru percaya.


8. Agar Makin Yakin, Demokan Produk

Teknik ini penting untuk bisnis/produk yg membutuhkan penjelasan ekstra atau peragaan cara kerja produk.

Tujuan dari teknik ini adalah memberikan pemahaman kepada calon pembeli dan tentunya membuat calon pembeli yakin bahwa produk Anda dapat bekerja dengan baik.

Tips : saat mendemokan produk usahakan tidak hanya mendemokan cara kerja produk, melainkan juga mendemokan fitur, mendemokan yg dimiliki.


9. Gunakan Bukti Before - After untuk Meyakinkan

Teknik klasik ini sudah diterapkan sejak lama. Karena sudah diterapkan dulu dan memang sangat powerfull.

Caranya:

Anda tinggal mengujicobakan produk anda ke salah satu orang yg akan diuji atau suatu media yg akan diujicobakan.

Berikan perbedaan untuk sebelum dan sesudahnya. Hal yg paling sering dilakukan adalah dalam bentuk dua gambar berbeda, yaitu gambar sebelum ( before ) dan gambar sesudah ( after ).

Teknik ini ampuh untuk meyakinkan calon pembeli karena konsumen ingin langsung melihat bukti secara visual.


10. Semakin Yakin dengan Fakta dan Data

Teknik lainnya yg bisa anda gunakan untuk meyakinkan calon pembeli adalah memberikan fakta dan data.

Fakta dan data terbukti ampuh untuk meyakinkan calon pembeli. Karena fakta adalah kenyataan yg terjadi di lapangan yg membuat pembacanya lebih percaya.

Hal yg penting dalam teknik ini adalah, Anda harus memastikan bahwa fakta yg anda catumkan adalah memang memang fakta yg benar dan tidak dibuat-buat. 

Setelah memastikan fakta, Anda bisa menyantumkannya diberbagai media promosi seperti brosur, katalog, website, dll.

Fakta bisa diberikan dalam beberapa hal seperti :

- Fakta dalam bentuk gambar
- Fakta dalam bentuk data-data
- Fakta hasil penggunaan oleh konsumen Anda
- Fakta dalam bentuk angka
- Fakta dalam bentuk opini ahli
- Fakta dari klaim medis
- Fakta dari media yg terpercaya

Saatnya Anda praktekkan dalam kegiatan Usaha Anda yaa

Salam Sukses Bertubi2

About ""

Social Media Optimizer

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Tommy Arno Funz Pembicara Internet Marketing
Design by FBTemplates | BTT