header niko 728 x 90
BREAKING

Jumat, 20 Januari 2017

Ini Penyebab Pocari Sweat SUKSES


Pocari Sweat adalah sebuah minuman isotonik yang dikembangkan Otsuka Industries Jepang sejak tahun 80an.
Pocari Sweat yang kini sudah dirilis di 16 negara ini ternyata menjalani serangkaian Proses yang menurut orang gila banget.
Untuk menemukan formula khususnya, Rokuro Harima dan asistennya Akihisa Takaichi melakukan lebih dari 1000 uji coba dengan berbagai tantangannya.
Ketika akhirnya formula tersebut siap, PresDir Akihiko Otsuka saat itu mengadakan Rapat Dewan Direksi untuk meluncurkan produk baru, Pocari Sweat.    Tetapi respon para Dewan Direksi justru tidak mendukung dan mengatakan bahwa minuman tersebut tidak enak dan tidak akan laku dipasaran.
Presdir Akihiko Otsuka tetap pada pendiriannya untuk menjual Pocari Sweat dan akhirnya di awal 1980, Pocari Sweat dilaunching.
Pada awal penjualannya, respon masyarakat sangat negatif bahkan cenderung mencemooh produk tersebut.
Sampai akhirnya Sang Presdir menetapkan sebuah keputusan yang mengejutkan, Akihiko Otsuka mengatakan kepada Team Marketing yang dikepalai Jiro Tanaka, sebagai berikut :
  • Bagikan secara Gratis produk tanpa batas sepanjang tahun
  • Ciptakan Pasar Baru yang belum pernah ada
  • Tidak bisa terjual di awal launching itu wajar
  • Perkuat Sosialisasi Konsep Produk secara tepat dibanding menjual produknya ( konsumen akan mengerti keunggulan produk )
  • Saya yakin Penjualan akan meningkat belakangan, biarkan masyarakat tahu dan mencicipi produknya
Akibat kebijakan tersebut perusahaan merugi sekitar 400 miliar atau senilai 30 juta kaleng.
Ini yang dilakukan Team Marketing Otsuka Industries :
  • Masing2 anggota team saling memberikan ide dimana lokasi yang cocok untuk membagi Pocari Sweat
  • Memberikan penjelasan detail terhadap Konsep Produk
  • Membuat target secara jelas yaitu tempat2 dimana orang sangat mudah berkeringat karena minuman ini baru terasa khasiatnya setelah orang kehilangan sebagian kadar air dalam tubuhnya karena keringat berlebih.
Masa2 yang berat sepanjang tahun 1980 terbayar sudah pada penjualan tahun kedua yaitu pada tahun 1981.
  • th 1980 : 900 miliar
  • th 1981 : 2,6 triliun
Penjualan pada tahun kedua fiskal meningkat 3 kali lipat.
Gimana? Dapat insight apa di cerita ini Sob?

About ""

Social Media Optimizer

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Tommy Arno Funz Pembicara Internet Marketing
Design by FBTemplates | BTT