Facebook adalah media terpopuler di kalangan pengguna
internet. Hampir tidak ada orang yang tidak memiliki akun Facebook di era
digital ini. Besarnya jumlah ‘populasi’ Facebook membuat banyak penjual online
menggunakan media sosial yang user-friendly ini untuk berbisnis. Mengapa
Facebook dapat memberikan dampak yang signifikan bagi sebuah bisnis online?
Seberapa efektifkah Facebook menaikkan penjualan produk? Berikut ini 10 fakta
yang dirangkum dari berbagai riset tentang efektivitas pemasaran online melalui
Facebook.
*1. Facebook: pangsa pasar yang baik.*
Facebook adalah media sosial terpopuler yang banyak
digunakan orang. Di era digital ini, hampir tak ada orang yang tak memiliki
akun Facebook. Penggunaannya yang user-friendly membuat banyak orang tercatat
sebagai anggota ‘populasi’ Facebook yang jumlahnya sangat besar. Jika berbisnis
menggunakan Facebook, penjual memiliki pangsa pasar yang jumlahnya banyak.
Karakteristik pengguna Facebook yang beragam membuat seorang penjual online
memiliki banyak pilihan bidang usaha yang bisa dirintis.
*2. Facebook: sarana menciptakan dan memperkuat
branding.*
Banyak orang mencari merek bisnis tertentu di media
sosial. Merek-merek yang dirasa dekat dengan kebutuhan atau kehidupan konsumen
akan di-like. Memiliki Facebook fanpage tidak hanya menguntungkan dalam hal
peningkatan penjualan, melainkan juga semakin mengukuhkan citra sebuah merek
bisnis. Semakin banyak pengguna yang nge-like sebuah fanpage bisnis, semakin
kuat merek tersebut ‘tertanam’ di benak pengguna.
*3. Facebook: cara mengimbangi kompetisi bisnis di era
digital.*
Sebelum teknologi internet berkembang, banyak calon
pebisnis yang memfokuskan pemasaran lewat jalur offline. Seiring perkembangan
teknologi digital, mereka menyertakan anggaran untuk mengelola pemasaran
online. Semua orang nantinya dipastikan akan go online. Facebook adalah salah
satu pilihan media yang bisa digunakan untuk mengimbangi tren bisnis online
yang kompetitif.
*4. Facebook: solusi memulai bisnis tanpa modal.*
Minimnya modal bukanlah alasan untuk menunda sebuah
bisnis online. Ketiadaan modal bisa diatasi dengan penggunaan media sosial,
misalnya Facebook, sebagai media pemasaran. Bisnis wirausaha yang baru berdiri
acapkali melakukan pemasaran produk melalui Facebook sebab gratis.
*5. Facebook: tempat konsumen mencari merek bisnis.*
Penjualan datang tidak hanya ketika pembeli
mengunjungi toko offline. Banyak pembeli yang mencari sebuah merek bisnis di
Facebook kemudian nge-like fanpage-nya. Ini membuktikan bahwa pembeli ingin
‘dekat’ dengan merek bisnis tertentu setiap saat untuk mendapatkan informasi
terkini dari merek tersebut.
*6. Facebook: referensi bagi pembeli untuk mendapatkan
informasi
produk.*
Pembeli ingin mendapatkan informasi produk, promo, dan
diskon dari akun Facebook sebuah merek bisnis. Artinya, pembeli tidak hanya
sekedar nge-like, melainkan juga memiliki harapan-harapan tertentu terhadap
merek bisnis yang akunnya di-like tersebut.
*7. Facebook: media menjaring calon pembeli
potensial.*
Seiring dengan perkembangan fiturnya,
media sosial kini tidak sebatas media online yang memungkinkan pengguna
internet untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang mereka kenal saja. Banyak
pengguna internet menjadikan media sosial sebagai referensi sebelum mereka
membeli sebuah produk. Dengan nge-like sebuah merek bisnis, pengguna internet
berharap agar mereka bisa mendapatkan informasi terkini tentang produk-produk
terbaru yang dimiliki merek bisnis tersebut.
*8. Facebook: sarana yang efektif untuk mengadakan
promo.*
Banyak merek-merek bisnis yang mengadakan promo,
misalnya dalam bentuk penawaran khusus atau potongan harga, namun hanya berlaku
bagi pembeli yang nge-like fanpage-nya. Hanya dengan nge-like fanpage, pembeli
sebuah merek bisnis akan mendapatkan tawaran eksklusif. Facebook fanpage adalah
media yang efektif bagi penjual online ketika hendak melakukan promo.
*9. Facebook: alat untuk mendongkrak penjualan.*
Banyaknya pengguna aktif Facebook membuat kesempatan
penjual untuk mendapatkan pembeli semakin besar. Dengan kata lain, Facebook
membantu bisnis penjual online dalam hal peningkatan penjualan.
*10. Facebook: media word-of-mouth.*
Orang-orang yang memiliki akun Facebook akan nge-like
fanpage merek bisnis tertentu yang sesuai dengan minat, ketertarikan, dan
kebutuhan mereka. Terlepas dari apakah mereka pernah bertransaksi secara
langsung atau tidak, faktanya pengguna Facebook akan merekomendasikan atau
menyebarluaskan merek tertentu kepada teman-temannya. Dampaknya, brand
awareness merek bisnis yang direkomendasikan tersebut akan semakin kuat di mana
konsumen.
Pengguna FB di Indonesia menduduki peringkat KEDUA
Inilah kenapa FB Marketing sangat membantu dalam
penjualan dan promosi produk kita
Salam Jago Jualan Laris
Posting Komentar