header niko 728 x 90
BREAKING

Kamis, 14 Maret 2013

6 Alasan Mengapa Goals Dapat Mengubah Hidup Anda

Kapan pertama kali anda mendengar betapa pentingnya memiliki sebuah ‘goal’? Goal yang saya maksud adalah sebuah keputusan untuk memiliki atau mendapatkan sesuatu yang jauh dari kemampuan kita.

Goal vs to do list
Pelajaran terbesar yang saya dapatkan ketika menjabat COO sebuah world’s #1 business coaching team adalah goal setting. Goal setting mengubah nasib saya, nasib client saya dan keluarga saya.

Yang paling menarik dari goal ini adalah kalimat ini:
“A Goal must be out of reach but not out of sight..”

Artinya sebuah goal tidak digunakan untuk mudah dicapai, sesuatu yang mudah dicapai adalah sebuah to do list. Nah, mengapa goals sedemikian penting terutama untuk small business owners.

Minimal ada 6 alasan business coaching selalu menggunakan goal setting untuk membantu kesuksesan seorang business owner.

Clarity … Where are you now?
Goals memberikan anda kejelasan, dimana anda sekarang. Mengapa anda perlu mengejar posisi yang lebih tinggi dari sekarang. Mengapa anda perlu keluar dari zona kenyaman yang akhirnya akan membuat anda terlena. Pertanyaan saya, apakah anda sudah memiliki kejelasan, dimana anda berada? Apakah ditempat yang sukses? Atau di tempat yang perlu perbaikan?

Direction … Where are you going?
Sebuah kata favorit khususnya bagi seorang leader. Leader set direction, dan goals akan menjadi tools untuk membuat arah yang kita inginkan menjadi begitu jelas.  Nah, pertanyaan saya, apakah anda telah memiliki kejelasan arah, ke arah mana anda akan pergi?

Alignment … Where is everybody?
Pernah melihat sebuah barisan semut yang begitu rapi mengikuti jalur yang telah ditetapkan oleh leadernya? Jalur yang jelas membuat seoarang business owner bisa memastikan team berada ditempat yang seharusnya.  Goals adalah alasan terkuat membuat team bergerak kearah yang sama secara terlihat.

Ownership … Who does what?
Ketika seorang karyawan memahami dengan jelas mengapa ia harus melakukan sebuah tugas dan menyetujui tugas tersebut, maka tanpa diperintah mereka akan melaksanakan tugas secara sukarela. Tidak ada orang yang malas, hanya orang yang memiliki tujuan yang tidak jelas. Apakah team anda sudah memiliki kejelasan tujuan yang membuat mereka bergairah dalam bekerja?

Accountability … By when?
Pastikan goal yang anda tetapkan ada jangka waktunya. Ada goals jangka panjang dan goals jangka pendek. Goal jangka panjang bisa goals yang ditetapkan untuk 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun mendatang. Goals jangka pendek adalah pecahan goals jangka panjang yang anda pecah mulai dari goals bulanan, mingguan, harian, jam-jaman bahkan, menit-menitan. Goals jangka pendek akan mempermudah karyawan menentukan prioritas utama dalam bekerja.

Celebration … Record Learnings and wins
Setiap goals berhubungan dengan kegagalan dan kemenangan. Tanpa goals kegagalan anda menjadi kabur, sementara kemenangan menjadi tidak berarti karena tujuan tidak jelas. Pastikan goals diimbangi dengan rencana perayaan yang wajar. Perayaan atau celebration tidak selalu berupa pesta atau bagi-bagi insentif, perayaan bisa sekedar memberikan high five kepada sesama team atau bunyi lonceng yang keras tanda sebuah goal telah terlampaui.

Faktor penting dalam goal seting adalah, record learnings dan wins. Catat setiap kemenangan dan kekalahan dan gali penyebab utamanya agar setiap kejadian menjadi pelajaran berharga dikemudian hari.

Semoga bermanfaat…

Salam dari saya Tom Mc Ifle

About ""

Social Media Optimizer

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Tommy Arno Funz Pembicara Internet Marketing
Design by FBTemplates | BTT