header niko 728 x 90
BREAKING

Senin, 22 April 2013

Inovasi Yang Berhasil Mengangkat Pengusaha Menjadi Miliarder


Salah satu cara agar usaha yang telah disesaki pesaing bisa sukses adalah dengan jalan inovasi. Perbedaan yang diberikan, setidaknya merupakan nilai tambah yang bisa dinikmati customer. Berikut beberapa contoh brand usaha yang berhasil menerapkan inovasi yang bisa menyedot customer hingga bisa mengangkat pengusaha menjadi miliarder.

Satu, Apotek K24. Di bidang kesehatan bisnis apotek termasuk yang menjadi primadona. Tak heran, usaha apotek menjamur bak cendawan di musim hujan. Untuk itu, saat bermain bisnis yang sama, Gideon Hartono memutar akalnya agar bisa menyedot lebih banyak pengunjung. Dengan pelayanan yang diberikan siang-malam alias 24 jam, akhirnya apoteknya mendapat tempat dihati pelanggan. Inovasi ini ia terdongkrak menjadi miliarder dengan ratusan gerai di seluruh Indonesia.

Dua, Rumah Sehat Sederhana. Banyak orang yang tinggal di wilayah kota Jabodetabek tak memiliki rumah sendiri lantaran tak mampu membelinya. Harga rumah terasa hanya cocok bagi yang berkantong tebal karena yang berpenghasilan pas-pasan tak bisa menjangkaunya. Hal itu memunculkan ide berbisnis bagi Elang Gumilang untuk mendirikan perumahan khusus bagi kalangan tak mampu dengan harga terjangkau namun bisa merasakan kenyamanan layaknya kenyamanan tinggal di perumahan mahal. Terbukti, awalnya 3 rumah sederhana berukuran 22 meter persegi seharga Rp 25-37 juta ludes terjual sebelum bangunan rumah rampung didirikan. Karena besar prospek rumah murah tersebut, Gilang pun akhirnya membangun lebih dari 200 rumah dibawah bendera Semesta Guna Grup dan hingga kini, ia masih membangun hingga 2000 unit rumah. Saat ini, Gilang berhasil meraup omset miliaran rupiah diusianya yang masih terhitung mudah.

Tiga, Tela Krezz. Singkong hanyalah makanan tradisional bila kualitasnya terus diperbaiki. Firmansyah Budi, berhasil menjadi jutawan dengan mengolah singkong menjadi camilan beraneka rasa. Berawal dari hanya satu grobak pinjaman ibu-nya dengan modal awal Rp 200.000, sekarang ia telah mengantongi omset ratusan juta setiap bulannya. Kualitas rasa dari singkong olahannya terus diperbagus dengan inovasi-inovasi terkini. Sebut saja, produk Tela Cake semacam brownies dari singkong, kue Bika Ambon, Bakpia, Keripik Singkong dan lain-lain.

Empat, TX Travel. Banyak cara untuk mengembangkan dan membiakkan usaha. Salah satunya dengan mewaralabakan usaha. Ada banyak contoh franchisor yang sukses mengembangbiakkan usahanya, salah satunya adalah Anthonius Thedy, pemilik franchise TX Travel, sebuah brand travel pertama yang diwaralabakan di Indonesia. Hingga kini lebih dari 150 gerai franchise ia miliki yang tersebar di 50 kota-kota besar Indonesia ini. Ia berhasil mendirikan minimal satu gerai setiap bulannya dengan investasi menjadi franchisee sebesar Rp 300 juta. Sudah bisa diperkirakan, omset Anthonius dengan memfranchisekan usahanya bisa menembus miliaran rupiah tiap bulannya.

Lima, Butik Annisa. Dengan modal awal sekitar empat juta rupiah, Nur Annisa Rahmawati membangun bisnisnya dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat produksi dibantu dua orang tetangganya. Ia memproduksi busana muslimah dari berbagai macam bahan, seperti sifon, thai silk,katun dan rawsilk. Tak hanya busana, butik ini juga memproduksi gaun pesta, selop brokat serta bando jilbab. Seluruh produk yang dibuat dikerjakan secara manual sehingga terjamin eksklusivitasnya. Berbagai upaya pemasaran digencarkan Annisa, mulai dari pameran hingga memanfaatkan teknologi digital. Ia pun membuat butik online www.butikannisa.com sehingga mampu menembus pasar internasional sejurus dengan pesanan dari Negara Brune Darussalam, Singapura, Malaysia dan Australia. Beberapa Negara seperti Eropa seperti Prancis dan Jerman juga telahmenjadi target pasarnya. Omset Anisa pun melejit dari hanya 1 juta per bulan kini menjadi lebih dari Rp 70 juta dengan karyawan 40 orang.

Enam, Abon Ikan Tuna Terenak No 2 Di Dunia yang dijalankan dengan sebuah personal branding yang sangat kuat, De Djoeraganz, memanfaatkan sumber kekayaan alam dan gizi luar biasa yang terkandung dalam IKAN TUNA dimana jenis ikan ini sangat subur di perairan laut Indonesia.  Meskipun berangkat dari home industri tetapi keyakinan tulus dan kuat dari orang2 yang menjalankan bisnis ini membuat usaha Abon Ikan Tuna Terenak No 2 Di Dunia ini bisa melejit dengan ratusan reseller di setiap kota di Indonesia.  Saat ini omzet De Djoeraganz sudah bisa mencapai 30 juta tiap bulannya, berangkat dari modal 2 juta dan terus berkembang hingga mencapai hampir 10an juta.  Konsisten, Fokus dan Berbeda itu kuncinya.

About ""

Social Media Optimizer

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Tommy Arno Funz Pembicara Internet Marketing
Design by FBTemplates | BTT